Kamis 12 Jul 2012 22:23 WIB

Jelang Lebaran, Kemenhub Fokus Angkutan di Jateng

EE Mangindaan (kiri)
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
EE Mangindaan (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Kementerian Perhubungan memfokuskan persiapan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2012 untuk wilayah Jawa Tengah.

"Kalau Jawa Tengah oke, ke timur pasti lebih ringan," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan ketika rapat koordinasi Persiapan Penyelengaraan Angkutan Lebaran 2012 di Semarang, Kamis (12/7) malam.
Menurut dia, fokus persiapan untuk wilayah Jawa Tengah ini didasarkan atas pengalaman penyelengaraan angkutan Lebaran tahun sebelumnya. Ia menuturkan, sejumlah jembatan di jalur-jalur utama mudik di Jawa Tengah diakui masih dalam perbaikan.
Meski demikian, ia meyakinkan proses perbaikan akan selesai pada Agustus mendatang dan siap digunakan.

"Sejumlah ruas jalan ini jadi kunci, kalau tidak bisa jalan dikhawatirkan akan stagnan," katanya.

Oleh karena itu, ia akan terus memantau perkembangan kesiapan ruas jalan tersebut hingga benar-benar selesai. Hal lain yang perlu mendapat perhatian dalam penyiapan angkutan Lebaran ini, kata dia, yakni pemudik bersepeda motor.
"70 persen kecelakaan saat arus mudik Lebaran lalu dialami pemudik bersepeda motor," katanya.
Untuk itu, lanjut dia, antisipasi telah disiapkan, antara lain penyediaan bus gratis serta truk pengangkut sepeda motor. Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo memastikan provinsi ini siap menyelenggarakan angkutan Lebaran.
Sejumlah ruas jalan dan jembatan utama, kata dia, dipastikan siap dilalui. "Yang masih menjadi pekerjaan rumah memang pemudik bersepeda motor," tegasnya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement