Kamis 12 Jul 2012 16:46 WIB

Lampung Siapkan Dua Tempat Rukyat

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Hafidz Muftisany
Rukyatul Hilal
Foto: Antara
Rukyatul Hilal

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Dua kabupaten di Provinsi Lampung menjadi tempat pelaksanaan rukyat untuk melihat hilal pada 19 Juli mendatang. Dua tempat ini yakni Lampung Selatan dan Lampung Barat, menjadi daerah strategis untuk melihat hilal pada saat matahari tenggelam di ufuk barat.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Lampung, Abdurrahman Harun, dua tempat ini menjadi salah satu tempat yang ditentukan pusat untuk melihat hilal dalam pelaksanaan rukyat tanggal 19 Juli.

Dua tempat tersebut, kata dia, di Kecamatan Lemong, Kabupaten Lampung Barat, dan Bukit Gelumai, Kabupaten Lampung Selatan. “Dua tempat ini bisa melihat bulan langsung,” katanya, Kamis (12/7).

Menurut dia, Lampung masuk salah satu tempat di Indonesia untuk menggelar rukyat menentukan awal Ramadhan 1433 H. 

Ia mengatakan cara rukyat merupakan salah satu metode untuk menentukan awal bulan Ramadhan, 1 Syawal, maupun 9 Dzulhijah. Adapun metode lain yang bisa digunakan adalah dengan cara hisab.

Pemerintah pusat tetap akan melaksanakan rukyat di berbagai tempat di Indonesia sebelum menentukan awal bulan Ramadhan atau Idul Fitri. 

Ia mengungkapkan, penentuan awal bulan Ramadhan tahun ini akan dilakukan melalui sidang Isbat yang rencananya digelar pada 19 Juli oleh pemerintah pusat dihadiri berbagai pihak terkait.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement