Kamis 12 Jul 2012 15:33 WIB

Muhaimin: KHL Jadi Jalan Terbaik

Rep: Erdy Nasrul/Dwi Murdaningsih/ Red: Dewi Mardiani
Muhaimin Iskandar
Foto: Republika
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengomentari aksi demo buruh yang terjadi di sejumlah wilayah Ibu Kota. Dia mengatakan Peraturan Menakertrans (Permenakertrans) No 13 tahun 2012 tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak merupakan jalan terbaik yang paling adil.

Permenakertrans yang baru itu merupakan revisi Permenakertrans No 17/PER/VIII/2005. Revisi ini telah ditetapkan secara objektif dengan pertimbangan matang dari berbagai aspek, termasuk dari usulan dan kajian yang berasal dari berbagai pihak.

"Tuntutan dari teman-teman pekerja atau buruh ini sudah kita tangkap tema maupun beberapa tuntutannya. Tapi permenakertrans baru ini adalah jalan yang paling adil," Kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di Kantor Kemnakertrans, Jakarta pada Kamis (12/7).

Muhaimin mengatakan, dalam penyempurnaan Permenakertrans, jumlah jenis kebutuhan yang semula 46 jenis komponen kebutuhan hidup layak (KHL) berubah menjadi 60 jenis komponen. Selain itu, terdapat 8 jenis penyesuaian/penambahan jenis kualitas dan kuantitas KHL, serta 1 perubahan jenis kebutuhan. Penambahan ini, lanjutnya, digunakan sebagai bahan keputusan dalam pelaksanaan proses survei harga KHL yang baru dalam rangka penetapan upah minimum 2013.

"Hari ini saya baca ada yang protes. Tentu pengusaha juga boleh protes. Pekerja juga ada yang protes. Tetapi hendaknya inilah jalan yang terbaik dan jalan yang paling adil," kata Muhaimin.

Dia menjelaskan menyangkut perubahan komponen survei upah KHL ini, pihaknya sejak awal telah bekerjasama baik di tripartit nasional maupun di dewan pengupahan nasional. Sebelumnya, kajian Dewan Pengupahan Nasional yang menambah 4 komponen itu berdasarkan masukan dari Forum Koordinasi Dewan Pengupahan Daerah, dan masukan dari Serikat pekerja, dan APINDO, serta Lembaga tripartit.

"Kita akhirnya tambah 14 komponen. Ini sangat adil yang harus diberikan dan diterima. Inilah jalan yang terbaik di mana tidak mungkin komponen ini menjadi 128 seperti tuntutan yang ada. Atau tidak mungkin hanya 4 saja. Kita ambil jalan yang paling adil," kata Muhaimin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement