Selasa 10 Jul 2012 19:42 WIB

Bukan Warga Jakarta, Alex, Jokowi dan Didik tak Nyoblos

 Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Menteng menyiapkan kotak-kotak suara Pilkada DKI Jakarta 2012-2017 di Kantor Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/6). (Aditya Pradana Putra/Republika)
Petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Menteng menyiapkan kotak-kotak suara Pilkada DKI Jakarta 2012-2017 di Kantor Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/6). (Aditya Pradana Putra/Republika)

JAKARTA--Tiga calon gubernur dan wakil gubernur DKI dipastikan tidak akan mencoblos pada hari pemungutan suara Pilkada DKI pada Rabu (11/7). Ketiga calon tidak berdomisili di Jakarta sehingga tidak memiliki hak pilih pada Pilkada DKI 2012.

Ketiga calon tersebut adalah calon gubernur Joko Widodo yang ber-KTP Solo, calon gubernur Alex Noerdin yang ber-KTP Palembang dan calon wakil gubernur Didik J Rachbini yang ber-KTP Depok.

Pasangan nomor urut 1, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli akan menggunakan hak pilih di tempat terpisah. Fauzi Bowo (Foke) akan mencoblos di TPS 01 Jalan Teuku Umar RT 01/RW 01 Kelurahan Gondangdia Kecamatan Menteng Jakarta Pusat. Rencananya, Foke bersama istri Tatiek Fauzi Bowo akan datang ke TPS pada pukul 08.00 WIB.

Sedangkan calon wakil gubernur Nacrowi Ramli bersama keluarganya akan mencoblos di TPS 29 Jalan Batu Ampar 2 Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Condet, Jakarta Timur. Nachrowi direncanakan menggunakan hak suaranya pada pukul 10.00 WIB.

Lalu pasangan nomor urut 2 Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria juga terpisah melakukan pencoblosan di TPS dekat kediaman masing-masing.

Hendardji Soepandji akan mencoblos di TPS 30 Keluran Cipete Utara Jalan Prapanca Buntu RT 009/04 Komplek Jakarta Housing. Belum bisa dipastikan jam berapa Hendardji akan datang ke TPS, yang pasti sekitar Jam 07.00-13.00 WIB.

Sementara Ahmad Riza Patria akan mencoblos di TPS 13 di Kelurahan Kedaung Kali Angke RT 4/RW3 Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Untuk pasangan nomor urut 3 Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahja Purnama (Ahok), yang akan menggunakan hak pilih hanya Ahok karena dia memiliki KTP DKI Jakarta.

Berdasarkan informasi dari tim sukses (timses) pasangan nomor urut 3, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) akan mencoblos di TPS 059 dengan nomer urut 404 di Muara Karang P8 Utara Kelurahan Pluit Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.

Rencananya, Prabowo Subianto akan mendampingi Ahok mencoblos sekitar pukul 07.30 WIB. Jokowi dijadwalkan hadir di TPS Kebagusan untuk mendampingi Megawati Soekarnoputri selama pencoblosan.

"Jokowi tidak ikut mencoblos besok. Karena dia tidak memiliki KTP DKI Jakarta. Jadi dia mendampingi Megawati. Setelah itu keliling memantau sejumlah TPS," kata Ketua Timses Jokowi-Ahok, Maringan Pangaribuan kepada wartawan, Selasa.

Calon Gubernur DKI Hidayat Nurwahid menyatakan siap memberikan hak pilihnya pada Rabu (11/7). Bahkan istri dan tiga anaknya pun siap mencoblos. Pasangan nomor urut 4 ini akan mencoblos di TPS Kemang Jakarta Selatan.

"Saya bersama istri dan tiga anak saya siap menggunakan hak pilih. Kami akan mencoblos di TPS dekat rumah kami yaitu Kemang," kata Hidayat. Sedangkan Didik J Rachbini tidak ikut memilih karena ber-KTP Depok Jawa Barat.

Kemudian pasangan nomor urut 5, calon gubernur Faisal Basri akan mencoblos di TPS 007 Jalan Ciasem IIn Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Faisal akan mencoblos pada pukul 09.00 WIB. Setelah itu akan berkeliling ke beberapa TPS di Jakarta.

Calon wakil gubernur Biem Benjamin akan memilih di TPS 25 RT 010/002 Kelurahan Jagakarsa Jakarta Selatan pada pukul 09.00 WIB.

Tidak hanya Jokowi dan Didik, calon gubernur dengan nomor urut 6 Alex Noerdin juga tidak akan mencoblos. Alex adalah warga Palembang, Sumatera Selatan dan bukan warga Jakarta. Ia pun ber-KTP Sumatra Selatan.

Namun, kemungkinan besar Alex akan mendampingi calon wakil gubernur Nono Sampono yang akan mencoblos di TPS dekat rumah pribadinya. Yaitu di Komplek Tanjung Mas Raya, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Usai memilih, keduanya akan berkeliling ke beberapa TPS yang tersebar di Jakarta.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement