Selasa 10 Jul 2012 12:08 WIB

BPIH Naik, Menag: Kualitas tak Turun

Rep: Indah Wulandari/ Red: Hazliansyah
Pesawat Haji
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Pesawat Haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan, Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini akan mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2011 lalu.

"Insya Allah nanti pukul 14.00 WIB siang rapat kerja dengan Komisi VIII untuk memutuskan BPIH yang harus dibayar oleh jamaah haji, tapi saya lupa angkanya," ucapnya kepada wartawan di sela acara pembukaan Gebyar Pendidikan Islam untuk TK dalam rangka Hari Anak nasional di Masjid At-Tin, TMII, Jakarta Timur, Selasa (10/7).

Dikatakan dia, ada beberapa faktor yang menyebabkan BPIH akan naik. Namun, politikus PPP tersebut belum bisa menjelaskan secara rinci nominal kenaikannya.

"Kenaikannya nanti baru tahu setelah pukul 14.00 WIB. Memang akibatnya digusurnnya pemondokan gedung-gedung di sekitar Masjidil Haram itu berakibatnya sewa naik, pada saat ini, dan naiknya besar sekali. Selain itu kenaikan itu dipacu oleh BBM yang naik untuk pesawat," paparnya.

Suryadharma memastikan, meski naik tapi jarak dan kualitas pemondokan jamaah haji akan sama seperti tahun lalu. "Alhamdulillah Indonesia bisa tetap mempertahankan prestasi tahun lalu, yaitu maksimum hanya 2500 meter yang terjauh," terangnya.

Faktor  nilai tukar rupiah terhadap dolar juga berbeda di tahun 2011 yakni sekitar Rp8.200 dan sekarang Rp9.400 itu juga disebutnya menjadi penyebab kenaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement