Senin 09 Jul 2012 06:26 WIB

Berobat di Puskesmas dan RSUD Supiori Gratis

Seorang ibu membawa anaknya untuk diperiksa di Puskesmas. (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Seorang ibu membawa anaknya untuk diperiksa di Puskesmas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah Kabupaten Supiori memberlakukan gratis biaya kesehatan untuk masyarakat setempat baik layanan di puskesmas maupun rumah sakit umum daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Supiori dr Jenggo Suwarko di Supiori, Senin, mengatakan, setiap warga yang berobat ke puskesmas atau rumah sakit tidak dipungut biaya karena pemkab telah menyediakan anggaran pelayanan kesehatan.

"Pelayanan gratis kesehatan sudah berjalan di puskesmas, puskesmas pembantu hingga rumah sakit umum daerah Supiori," katanya.

Ia mengatakan, fasilitas kesehatan di rumah sakit umum daerah Supiori di antaranya ruang rawat inap, Unit Gawat Darurat, alat USG empat dimensi, dan rekam medik.

Khusus peralatan USG empat dimensi terbaru dimiliki rumah sakit Supiori, kata Jenggo, sudah difungsikan untuk memeriksa dan mengetahui perkembangan janin saat ibu hamil.

"Jika dokter atau rumah sakit lain pemeriksaan USG bisa dikenakan biaya berkisar Rp450 ribu, namun di Supiori kami gratiskan sesuai kebijakan pemerintah daerah," katanya.

Pelayanan bidang kesehatan, kata Jenggo, akan diberikan kepada semua masyarakat Kabupaten Supiori yang berdomisili di berbagai kampung, distrik, maupun pulau terluar Mapia.

"Dinas Kesehatan berwajiban menyelenggarakan layanan kesehatan yang baik sesuai standar," kata Jenggo Suwarko.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement