Kamis 05 Jul 2012 13:30 WIB

Asyik Naik Kopaja dengan Layanan AC dan Wifi

Rep: ira sasmita/ Red: M Irwan Ariefyanto
  Peluncuran Kopaja AC P-19 dan P-20 di Ragunan, Jakarta, Kamis (5/7).
Foto: Agung Rajasa/Antara
Peluncuran Kopaja AC P-19 dan P-20 di Ragunan, Jakarta, Kamis (5/7).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja) meluncurkan 30 unit armada bus dengan fasilitas dan layanan modern, di gerbang Barat Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (5/7). Selain Air Conditioner (AC), unit Kopaja tersebut dilengkapi perangkat global positioning system (GPS), layanan wi-fi untuk koneksi internet, dan kartu pembayaran elektronik.

Nanang Basuki, Ketua Umum Kopaja, mengatakan Kopaca AC modern itu juga disiapkan dengan layanan SMS khusus, sistem dual control, dan tripod barrier atau pintu masuk otomatis. Dengan sistem dual control, kendaraan yang melanggar aturan kecepatan atau keluar dari jalur,  bisa dihentikan. Karena, mesinnya bisa dimatikan dari pusat kontrol. Selain diberikan kenyamanan, melalui layanan wi-fi, penumpang bisa mengakses internet di armada bus tersebut.  "Dengan GPS yang dilengkapi tracking system kita bisa memonitor cepat kendaraan apa ada di jalurnya atau tidak," ujar Nanang.

 

Sebanyak 30 unit bus baru tersebut akan melayani rute P 19 jurusan Ragunan-Tanah Abang. Dan P 20 jurusan Lebak Bulus-Senen. Dikatakan Nanang, hingga saat ini sudah sepuluh bus yang tersedia. Menurutnya, bus tersebut bisa dioperasikan dan menjajal jalanan ibukota mulai pekan depan. Tarif bus Kopaja AC ini, menurutnya, dipatok sebesar Rp 5 ribu. Namun, kemungkinan setelah uji coba jalur akan dinaikkan menjadi  menjadi Rp 7 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement