Selasa 03 Jul 2012 23:00 WIB

Kok Wisata ke Waduk Jatiluhur Jadi Membosankan

Rep: arie lukitahardiyanti/ Red: M Irwan Ariefyanto
Waduk Jatiluhur
Foto: Saptono/Antara
Waduk Jatiluhur

PURWAKARTA -- Kunjungan wisatawan ke Kawasan Wisata Gramma Tirta Jatiluhur selama musim libur sekolah, menurun drastis dibanding tahun lalu. Jumlah wisatawan pada Juni lalu, tercatat 15 ribu. Sedangkan, pada musim libur sekolah tahun lalu mencapai 20 ribu wisatawan. Akibat sepi pengunjung ini, pendapatan yang diperoleh kawasan itu turut menurun.

Kepala Unit Pariwisata Gramma Tirta Jatiluhur, Heri Hermawan, mengatakan, sejak awal tahun, jumlah pengunjung ke kawasan ini menurun. Tadinya, pada libur sekolah ini diprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung. Akan tetapi, prediksi tersebut tidak terealisasi. "Bahkan, lebih ramai musim libur sekolah tahun lalu," kata Heri, kepada ROL, Selasa (3/2).

Diakui dia, penyebab penurunan minat wisatawan ini ada beberapa faktor. Seperti, munculnya sejumlah obyek wisata serupa yang menjadi pesaing. Selain itu, di kawasan ini kurang maksimalnya wahana permainan anak-anak. Sehingga, wisatawan mengalami kejenuhan.

Karena kondisi ini, lanjut dia, pendapatan yang dihasilkan sampai akhir Juni kemari baru 44,87 persen dari target Rp 8,5 miliar. Seharusnya, pada semester pertama itu, pendapatan yang dihasilkan mencapai 50 persen dari target yang dtelah ditentukan.

Diakui Heri, secara global pihaknya kesulitan dalam meningkatkan kembali minat wisatawan untuk mengunjungi Kawasan Gramma Tirta. Akan tetapi, dirinya akan tetap berupaya mencari terobosan baru. Salah satu yang sedang dilakukan, yaitu rehabilitasi arena parkir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement