Senin 02 Jul 2012 16:46 WIB

ITS Juarai Kontes Robot Indonesia

Rep: Rachmita Virdani/ Red: Hafidz Muftisany
Kontes Robot Indonesia
Foto: Antara
Kontes Robot Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Perhelatan Kontes Robot 2012  tingkat nasional yang digelar mulai Jumat (29/6) hingga Ahad (1/7) di Sasana Budaya Ganesah Institut Teknologi Bandung berhasil dimenangkan tim RI-NHO dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) pada kategori Kontes Robot Indonesia (KRI).

Kemenangan ini diraih setelah Tim robot RI-NHO dari ITS  berhasil mengalahkan tim robot Barelang 5.2 dari Politeknik Negeri Batam yang menjadi juara pada 2011.

Meski perolehan poin Barelang 5.2  lebih tinggi yakni 115 dibandingkan RI-NHO  yang hanya 50 poin, namun sayangnya Barelang 5.2 melakukan pelanggaran pada saat mengumpulkan keping gabus terakhir sehingga terkena penalti yang berakibat berkurangnya nilai tim.

Sementara itu RI-NHO  yang tadinya tertinggal dari lawan, berhasil menyelesaikan misi secara sempurna dan meraih poin "Pen On Dai Gat" atau nilai sempurna.

Atas kemenangan ini pula tim ITS berkesempatan mewakili Indonesia dalam ajang kontes robot internasional di Hongkong pada Agustus 2012.

Sementara itu untuk kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Pemadam Api 2012 Kategori Beroda berhasil  dimenangkan oleh tim Sangkuriang dari Politeknik Negeri Bandung.

Lalu untuk kategori KRCI pemadam api berkaki, juara pertama diraih oleh 1-DA dari Universitas Gadjah Mada

Pada KRCI kategori humanoid soccer (Robosoccer Humanoifd League-RSHL) , juara pertama diberikan kepada tim Eros dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya setelah mengalahkan tim Isola-S dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan skor 7-0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement