Senin 02 Jul 2012 15:06 WIB

Menpora 'Ketakutan' Jelang Final Euro

Menpora Andi Mallarengeng
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Menpora Andi Mallarengeng

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO - Menpora Andi Mallarangeng sempat takut ketika baru saja datang ke Manado, pada Ahad (1/7) malam, menjelang final sepakbola Piala Eropa antara Spanyol-Italia.

"Ketika saya baru datang, di sepanjang jalan banyak pemuda yang antusias siap-siap menonton Piala Eropa," kata Andi saat memberikan sambutan pada pelantikan Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jackson Kumaat di Manado, Senin (2/7).

Pasalnya para pemuda itu semuanya memakai seragam kaos Italia, kata Andi yang mendukung tim Spanyol. Tak pelak pernyataan Andi itu disambut gelak tawa para peserta pelantikan.

Andi mengatakan, memang ada yang mengenakan kaus Spanyol tapi jumlahnya sedikit. Andi malam itu juga langsung menuju Minahasa untuk menonton final tersebut dengan masyarakat dan pejabat setempat, sebelum melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan keesokan harinya.

Namun Andi mengatakan ia menikmati pertandingan yang luar biasa tersebut dengan kemenangan 4-0 untuk tim Spanyol.

"Mudah-mudahan bisa diambil pelajaran dan menjadi inspirasi bagi persepakbolaan Indonesia," kata Andi.

Andi pun memberi analisis bahwa Italia kalah karena menerapkan sistem bertahan dan bermain hanya di daerahnya sendiri sehingga paling maksimal tim itu hanya bisa mengambil hasil seri. Sementara itu Spanyol berani menyerang.

"Kepada para pemuda, bisa mencontoh Spanyol, yang tidak hanya dapat menguasai wilayahnya sendiri namun juga mampu berkibar di daerah lain bahkan mampu bersaing dengan negara lain," kata Menpora.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement