Senin 02 Jul 2012 10:25 WIB

Melestarikan Budaya, Indonesia Jadi Negara Kuat

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Dewi Mardiani
Politikus PDIP Effendi Simbolon
Foto: Yogi Ardhi
Politikus PDIP Effendi Simbolon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klaim Malaysia atas beberapa budaya daerah di Indonesia merupakan pelajaran berharga bagi segenap bangsa Indonesia, terutama pemerintah untuk dapat lebih memperhatikan kekayaan khasanah budaya bangsa. Padahal, kekuatan budaya inilah yang menjadi akar jati diri bangsa selama ini dan terbukti menjadi pemersatu bangsa hingga diakui dunia internasional selama puluhan tahun.

Ketua Umum Parsadaan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI), Effendi Simbolon, mengatakan, "Indonesia akan semakin kuat, bila akar serabutnya, yaitu adat istiadat dan budaya-budaya anak bangsa yang ada, semakin dilestarikan. Karena inilah yang kita warisi dari leluhur kita," katanya di Jakarta.

Untuk itu, meski mengeritisi ketidakpedulian pemerintah, Effendi mengajak segenap elemen bangsa untuk mau berbuat. Paling tidak seperti yang dilakukan PSBI, untuk tetap peduli melestarikan budaya, ditengah kehidupan metropolitan yang ada. "Jadi dengan apa yang ada, kita ingin memperkenalkan bahwa sebenarnya kebudayaan kita itu luar biasa. Dan tidak kalah dengan yang ada di negara-negara maju."

Menariknya, pesta yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara beserta 77 ekor burung merpati ini, juga diisi dengan beragam kegiatan sosial lainnya. Salah satu kegiatannya adalah donor darah yang disumbangkan lewat Palang Merah Indonesia (PMI).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement