Sabtu 30 Jun 2012 11:12 WIB

Rektor Unisma: Piagam Madinah Ajarkan Nasionalisme dan Kebangsaan

Rep: MgROL7/ Red: Heri Ruslan
Rektor Unisma, Dr Nandang Najmulmunir.
Foto: MgROL7
Rektor Unisma, Dr Nandang Najmulmunir.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Rektor Universitas Islam Empat Lima (UNISMA),Dr Nandang Najmulmunir, mengajak semua anak bangsa untuk mencintai Indonesia.

"Kita harus betul betul cinta pada bangsa kita," ujar Nandang saat membuka acara pelantikan calon pembina pramuka FKIP jurusan geografi 2011-2012 di lapangan kampus UNISMA, Bekasi, Sabtu (30/6).

Dalam sambutannya, Nandang mengingatkan  betapa perjuangan dan pahlawan telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk menegakkan bendera merah putih

"Tolong menolong, saling membantu dalam kebaikan  itulah jiwa kebangsaan kita" ujar rektor ketujuh UNISMA tersebut

Menurutnya, Piagam Madinah merupakan produk umat Islam yang mengajarkan kebangsaan dan nasionalisme. Pancasila, kata dia, merupakan refleksi dari Piagam Madinah.

"Ajaran para tokoh kita tertuang dalam pancasila dan diturunkan dalam darma bakti pramuka" Imbuh Nandang.

Dalam bendera Merah putih, papar dia, terkandung ajaran moralitas dan sosial. Warna  merah, tutur dia, merefleksikan ajaran moralitas dan warna putih sebagai ajaran sosial.

"Merah putih adalah lambang ajaran dan lambang karakter."

"Jiwa merah putihlah yang akan melindungi bangsa ini dari kehancuran," papar Nandang.

Penghormatan terhadap bendera merah putih bukan berarti sebagai penyembahan terhadap bendera. Para calon pembina diharapkan mempunyai jiwa kebangsaan sebagai refleksi merah putih.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement