Rabu 27 Jun 2012 13:27 WIB

Cianjur Diguncang Gempa 5 SR, Warga Panik

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hafidz Muftisany
Logo BMKG
Logo BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR—Guncangan gempa 5,0 skala richter (SR) menyebabkan sebagian warga selatan Kabupaten Cianjur panik, Rabu (27/6). Mereka berhamburan ke luar rumah karena khawatir terjadi gempa susulan.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) menyebutkan, gempa yang terjadi sekitar pukul 11.55 WIB ini berpusat di 55 kilometer Barat Daya Cianjur. Lokasi gempa berada pada 7.68 LS - 107.14 BT dengan kedalaman 28 kilometer.

‘’Sebagian warga keluar rumah ketika terjadi gempa,’’ terang salah seorang warga Kecamatan Cidaun, Rahmat (36 tahun). Beruntung, getaran gempa tidak berlangsung lama.

Namun, warga tetap khawatir terjadinya gempa susulan. Menurut Rahmat, dari pantauannya belum ada kerusakan rumah akibat gempa tersebut. Ditambahkannya, getaran gempa tidak menyebabkan tsunami.

Kabag Humas Pemkab Cianjur, Jaenudin mengungapkan, hingga kini belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa. "Petugas masih melakukan pengecekan dampak gempa,’’ imbuh dia.

Sementara itu di tempat terpisah, getaran gempa 5,0 SR juga dirasakan sebagian warga Kota Sukabumi. "Guncangan gempa membuat panik warga karena cukup kuat terasa,’’ ujar Kurnia, warga Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement