Kamis 21 Jun 2012 05:04 WIB

Mau Berlibur ke Belanda tanpa Biaya? Begini Kiatnya

Indonesia-Belanda
Indonesia-Belanda

REPUBLIKA.CO.ID, Libur telah tiba. Apa rencana Anda? Mungkin Anda sudah mempersiapkan diri untuk berlibur ke satu tempat. Nah, bagaimana bila ada yang menawarkan liburan gratis ke luar negeri? Mau?

Bila berminat, cobalah cari informasi soal kesempatan berlibur gratis ke luar negeri. Beberapa lembaga swadaya masyarakat secara berkala memberikan kesempatan berlibur gratis. Namun, sebelum itu Anda harus berhasil memenangi lomba yang mereka selenggarakan. Maklum, liburan gratis itu adalah hadiah dari lomba. Yang menarik, umumnya tidak hanya berlibur sebab biasanya pemenang akan mengikuti program yang sudah dirancang oleh lembaga atau perusahaan pengundang.

Nuffic-Netherlands Education Officer-Neso Indonesia, lembaga swadaya masyarakat dari Belanda, baru saja mengumumkan dua nama pemenang lomba Kompetiblog "Studi di Belanda", sebuah ajang menulis artikel tentang Belanda untuk masyarakat umum berusia antara 17-44 tahun.

Penyelenggaraan ajang kompetiblog sudah memasuki tahun ke-empat sejak digelar tahun 2009, kegiatan tersebut merupakan ajang adu kemampuan mengeluarkan pendapat dalam bentuk artikel dengan tema yang sudah ditentukan oleh panitia dari Nuffic Neso Indonesia," kata Education Promotion Manager Netherlands Education Officer (NESO) Inty Dienasari.

Dua pemenang studi ke Belanda dalam ajang Kompetiblog tahun 2012 yaitu Nurlela dengan artikel berjudul "Musuh Bebuyutan yang Membuat Bangsa Belanda Kreatif", dan Ricky Mardiansyah dengan artikel berjudul "Rumus E = mc2, Rahasia Kesuksesan Belanda", akan mengikuti "summer school", pada bulan periode Juli- Agustus 2012.

Kompetiblog 2012 menjadi kesempatan kedua bagi Ricky Mardiansyah alumni sastra Perancis Universitas Padjadjaran Bandung untuk menjajal kemampuannya bersaing dengan para penulis lain yang sama-sama berkeinginan untuk meraih pengalaman belajar bahasa di luar negeri dengan biaya gratis.

Ricky sebagai juara dua memeroleh hadiah studi musim panas di Belanda selama dua minggu dan kompetisi tersebut menjadi kali kedua diikutinya.

"Tahun lalu saya sudah ikut tetapi tiga artikel yang saya kirim lolos sebagai juara ketiga. Namun tidak mengurangi minat saya untuk terus mencoba. karena bagi saya Belanda adalah impian sejak kecil. Sekarang juara dua dan baru bisa ke Belanda," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement