Selasa 19 Jun 2012 20:40 WIB

SBY Tandatangani Deklarasi Kembangkan Akses Keuangan Masyarakat Miskin

Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Foto: Rumgapres/H Abror Rizki
Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA –- Kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menghadiri Pertemuan Puncak G-20, Los Cabos, Meksiko menghasilkan sejumlah kesepakatan.

Yakni penandatanganan deklarasi yang menunjukkan komitmen untuk mendukung dan mengembangkan akses keuangan bagi kelompok masyarakar miskin di negara masing-masing.

Deklarasi ini ditandatangani oleh Presiden SBY bersama Presiden Meksiko Felipe Calderon, dan Presiden Chile Sebastian Pirer.  Penandatanganan deklarasi tersebut dilakukan pada Los Cabos Financial Inclusion di Hotel Sheraton, Meksiko pada Senin WIB.

Dalam pidato yang disampaikan Presiden SBY sebelum penandatanganan deklarasi menyatakan Pemerintah Indonesia menilai ada korelasi yang kuat antara program pengentasan kemiskinan dengan program kredit usaha rakyat atau sistem financial inclusion, yang antara lain berbentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

“Pemerintah menyediakan Rp 30 miliar setiap tahun, dan pada 2013 akan kita tingkatkan hingga 13 miliar dolar AS," katanya.

Financial Inclusion merupakan inisiatif tuan rumah Meksiko, penyelenggara KTT G20 kali ini. Presiden Calderon khusus mengundang Presiden SBY untuk menyampaikan pandangan dan pengalaman Indonesia dalam penyaluran kredit bagi rakyat miskin.

Presiden SBY pun sempat melakukan pertemuan dengan Putri Maxima. Utusan Khusus Sekjen PBB untuk urusan Financial Inclusion ini memberikan dukungannya terhadap komitmen Indonesia dalam pengembangan akses keuangan bagi masyarakat miskin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement