Senin 18 Jun 2012 20:15 WIB

Timika Kembali Rusuh, Empat Polisi Tewas

Salah satu sudut kota Timika, Papua.
Foto: faculty.kutztown.edu
Salah satu sudut kota Timika, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Sebanyak empat anggota Polri yang bertugas di jajaran Polres Mimika, Senin (18/6) terluka dalam insiden kerusuhan yang terjadi di kawasan Kwamki Lama, Timika. Rinciannya, Briptu Darmawan Nababan terkena panah dipunggung, Briptu Jerlisman Situmorang terserempet , Briptu Ryan kena panah dibagian betis dan Briptu Eduardo tertembak senapan angin.

Kerusuhan itu merupakan kelanjutan pertikaian dua kelompok masyarakat yakni antara kampung Harapan (kampung atas) dengan kampung Amole (kampung tengah) yang diawali dengan kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi 21 Mei.  Saat itu kerusuhan menewaskan warga kampung Harapan.

Akibatnya warga kampung Harapan melakukan aksi balas dendam dan menyerang warga kampung Amole. Insiden tersebut sempat terhenti setelah dilakukan perdamaian antara warga kedua kampung, awal Juni lalu yang ditandai dengan patah panah.

Namun Senin sekitar pukul 07.30 WIT, bentrok kembali pecah perang antara kedua warga yang kampungnya bertetangga. Kabid Humas Polda Papua AKBP Yohannes Nugroho yang dihubungi  membenarkan adanya insiden tersebut. Selain mengakibatkan empat anggota Polri terluka, kerusuhan juga menyebabkan beberapa mobil dinas Polres Mimika rusak dan terbakar

Dari data yang dihimpun terungkap puluhan warga dari kedua kelompok mengalami luka-luka hingga harus dirawat di rumah sakit setempat, serta dua orang tewas. Saat ini aparat polisi yang dibantu TNI terus melakukan penyisiran disekitar lokasi yang menjadi ajang peperangan antarwarga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement