Ahad 17 Jun 2012 12:11 WIB

14 Pendaki Ilegal Gunung Pangrango Dihukum

Rep: Karman/ Red: Hafidz Muftisany
Taman Nasional Gunung Pangrango
Foto: suryotomo.wordpress.com
Taman Nasional Gunung Pangrango

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR- Sebanyak 14 pendaki yang dikabarkan tersesat di Gunung Gede Pangrango beberapa waktu lalu, akan menjalani sanksi yang diberikan Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atas perbuatan melanggar aturan masuk wilayah konservasi tanpa izin.

"Kita memberikan sanksi kepada mereka membersihkan sampah di gunung, menanam dan mengadopsi pohon," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) Agus Wahyudi Ahad (17/6).

Agus mengatakan, ke-14 pendaki tersebut akan menjalani masa detensi di Gunung Gede Pangrango selama dua hingga tiga minggu, sesuai dengan kemampuan mereka menyelesaikan seluruh sanksi yang diberikan.

Lokasi membersihkan sampah dan menanam akan dilakukan di sejumlah titik di Gunung Gede Pangrango, seperti di jalur pendakian Gunung Putri dan untuk menanam akan dilakukan di kawasan adopsi pohon Saronger.

 Menurut Agus, sanksi yang diberikan kepada para pendaki tersebut karena telah melanggar aturan masuk wilayah Taman Nasional tanpa izin. Tindakan yang mereka lakukan juga berdampak buruk bagi para pendaki tersebut, mereka tersesat saat melakukan pendakian dari jalur ilegal.

"Mereka menyatakan siap menerima dan menjalankan sanksi, mereka dalam waktu dekat ini akan kita panggil untuk menjalankan sanksi," kata Agus.

Menurut Agus, tindakan para pendaki masuk ke Taman Nasional melalui jalur pendakian ilegal telah melanggar aturan konservasi. Pelanggaran tersebut tidak dapat dibiarkan karena dapat mengancam ekosistem di wilayah konservasi.

Ke-14 pendaki tersebut melakukan pendakian Minggu (10/6) lalu, mereka mendaki Gunun Gede Pangrango melalui jalur Pasir Sumbu yang merupakan jalur ilegal.

  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement