Sabtu 16 Jun 2012 10:23 WIB

Jelang Pemakaman Mako Tabuni, Sentani Kondusif

Dua aparat kepolisian berjaga di pasar Sinakma, Wamena, Papua, pasca bentrok antara warga di lokasi tersebut, beberapa waktu lalu.
Foto: Antara/Iwan Adisyahputra
Dua aparat kepolisian berjaga di pasar Sinakma, Wamena, Papua, pasca bentrok antara warga di lokasi tersebut, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA - Situasi kota Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Sabtu pagi, menjelang pemakaman Mako Tabuni, hingga kini masih kondusif.

Kapolres Jayapura AKBP Wantri Julianto ketika dihubungi, Sabtu (16/6) pagi mengakui, hingga saat ini situasi di sekitar kota Sentani masih aman. "Mudah-mudahan situasi tetap kondusif hingga selesainya pemakaman Mako Tabuni yang akan dilaksanakan hari ini di Pos 7 Sentani," harap Kapolres Julianto.

Menurut Julianto, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan maka pihaknya sudah menggerahkan anggota untuk berjaga-jaga dibeberapa lokasi.

Saat ini anggota Polri yang dibantu TNI-AD berjaga-jaga dibeberapa lokasi , namun tidak ada yang berjaga di sekitar rumah duka tempat jenasah kordinator komiter papua barat, Mako Tabuni disemayamkan.

"Kami lebih memfokuskan mengamankan fasilitas umum hingga masyarakat tetap dapat beraktifitas," aku Kapolres Jayapura seraya menambahkan, dengan pemukiman tempat jenasah disemayamkan dan lokasi pemakaman cukup jauh dari pemukiman warga namun pihaknya tetap akan waspada.

Sementara itu walaupun situasi nampak kondusif,aktifitas warga nampak tidak seperti hari-hari biasanya karena mereka lebih memilih berdiam di rumah. Pertokoan pun banyak memilih tutup, maka kalaupun ada yang buka hanya pintu masuk saja.

Mako Tabuni, salah satu koordinator sebuah organisasi bernama komite nasional papua barat (knpb), Kamis (14/6) tewas diterjang timah panas saat hendak ditangkap anggota polisi. Ia dugaan terkait berbagai kasus di kota Jayapura dan sekitarnya.

Sesaat setelah penangkapan dan tertembaknya Mako Tabuni, sekelompok orang melakukan aksi pengrusakan dan pembakaran serta menganiaya sejumlah warga di sekitar kawasan Wamena, Kodya Jayapura. Perusakan dan penganiayaan mengakibatkan empat warga terluka, tiga ruko dan puluhan kendaraan baik roda dua maupun empat dibakar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement