Jumat 15 Jun 2012 22:44 WIB

Wow, Tempat Pembuangan Sampah Jadi Obyek wisata

Sampah - ilustrasi
Sampah - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mengembangkan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Puuwatu sebagai salah satu objek wisata.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kendari, Alamsyah Lotunani, di Kendari, mengatakan, penetapan kawasan pengolahan menjadi objek wisata guna menjawab stigma masyarakat kalau TPAS selama ini dianggap sebagai tempat yang identik dengan bau, jorok dan kotor.

"Ada konsep yang kami tawarkan di TPAS Puuwatu sehingga ditetapkan menjadi objek wisata, salah satunya kita bisa melihat seluruh Kota Kendari dari atas puncak yang ada di TPAS ini," ujarnya.

Ia mengatakan, di TPS Puuwatu tersebut sudah dibangun taman yang disebut Taman Bougenville karena seluruh bunga yang ditanam di sana adalah bougenville.

"Kita juga membuat dua unit vila yang bisa digunakan pengunjung yang ingin bermalam di kawasan itu, untuk menyaksikan keindahan Kota Kendari dari atas puncak jika malam hari," katanya.

Menurut dia, kawasan TPAS Puuwatu telah direvitalisasi bahkan proses penimbunan dan penataan kawasan tersebut terus dilakukan agar TPAS kelihatan lebih bersih, indah dan bisa dijadikan kawasan arena balap pencinta otomotif.

"Medan di kawasan TPAS ini cukup menantang, sehingga selain tempat rekreasi, kita juga membangun arena motor cross, mobil offroad," ujarnya.

Menurut dia, pengelolaan TPAS Puuwatu yang bisa berfungsi sebagai objek wisata sudah diakui dari Kementerian lingkungan hidup saat berkunjung ke tempat itu.

"Bahkan tempat itu menjadi salah satu penyumbang poin bagi Kota Kendari dalam meraih tropi adipura yang ke empat kalinya secara berturut-turut dari tahun 2009, 2010, 2011 dan 2012," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement