Kamis 14 Jun 2012 16:54 WIB

Pelaku Penembakan di Papua Tewas

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: Dewi Mardiani
Penembakan (ilustrasi)
Foto: asaljangan.com
Penembakan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Mako Tabuni (MT), dilakukan penangkapan di Distrik Herom, Waena, Papua pada Kamis (14/6) pada pukul 09.45 WIT. Rupanya Mako Tabuni ditembak mati dalam penangkapan tersebut.

"Pada saat pengepungan itu ada penembakan (dari MT) mengenai bagian pinggul dan kakinya. Saat perjalanan ke RS Jayapura, yang bersangkutan meninggal," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Polisi Mochamad Taufik yang ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (14/6).

Taufik menjelaskan, tim gabungan Polda Papua dan Brimob Polda Papua melakukan penggerebekan satu rumah di Distrik Herom, Waena, Papua sekitar pukul 09.45 WIT. Penggerebekan ini untuk menangkap salah satu orang yang diduga menjadi pelaku penembakan di Papua yaitu Mako Tabuni (MT).

Mako Tabuni menjabat sebagai Ketua 1 Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Pada saat pengepungan, Mako Tabuni tidak juga menyerahkan diri dan diketahui memiliki senjata api. Taufik membantah bahwa tembakan itu mengenai kepala Mako

Polisi langsung menyita barang bukti berupa senjata api jenis pistol taurus dengan enam butir peluru dan 20 butir peluru di saku celana Mako Tabuni. Jadi jumlah peluru yang disita sebanyak 26 butir peluru. "Simpatisan dari MT melakukan pengrusakan dan pembakaran beberapa rumah di sekitar Waena setelah penangkapannya. Tidak ada korban tewas dalam bentrokan itu," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement