Selasa 12 Jun 2012 19:26 WIB

Nama Tak Sesuai, Tiket KA Hangus

Calon penumpang mengantre pemesanan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (7/6). Tiket kereta api untuk pemberangkatan H-4 dan H-3 Lebaran atau tanggal 16 dan 17 Agustus 2012 ludes terjual untuk semua jurusan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.
Foto: antara
Calon penumpang mengantre pemesanan tiket di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (7/6). Tiket kereta api untuk pemberangkatan H-4 dan H-3 Lebaran atau tanggal 16 dan 17 Agustus 2012 ludes terjual untuk semua jurusan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Tiket KA yang telah dipesan ataupun yang dibeli di stasiun bisa hangus saat digunakan bila pada saat akan naik KA nama penumpang tidak sesuai dengan identitas diri yang bersangkutan.

"Layanan tiket kami permudah, namun di sisi lain kami lakukan pengawasan ketat agar tidak ada calo tiket. Salah satunya tiket harus sama dengan identitas diri, jika beda bisa hangus," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno di Bandung, Selasa.

Menurut Bambang, kebijakan "boarding" yang dilakukan ketat dengan menyesuaikan identitas yang tertera di tiket dengan identitas diri dilakukan dalam rangka meningkatkan kenyamanan penumpang yang bisa melakukan reservasi 90 hari sebelum pemberangkatan.

Bambang menyebutkan, dengan kebijakan boarding yang ketat untuk menjamin tidak adanya tiket yang jatuh ke tangan calo. Tiket yang sudah dipesan atau dibeli dipastikan aman bagi pengguna KA dan tidak bisa dibeli oleh calo.

"Pemesanan maksimal untuk empat tiket per orang, masing-masing tertera identitas calon penumpang. Tidak ada celah bagi calo untuk membeli tiket," katanya.

Di sisi lain, PTKA juga melakukan edukasi kepada para penumpang untuk melakukan reservasi tiket atau membeli tiket langsung di loket stasiun tanpa perantara.

"Pembelian dan reservasi tiket wajib melampirkan identitas diri, saat digunakan juga dilakukan boarding untuk mencocokan identitas diri dengan yang tertera di tiket," katanya.

Hal itu berlaku untuk seluruh kelas KA baik eksekutif, bisnis maupun ekonomi. Selain itu dipastikan angkutan KA berkapasitas 100 persen dan sesuai dengan tempat duduk. Tidak ada batas toleransi jumlah penumpang di atas 100 persen.

Terkait layanan tiket untuk angkutan KA Lebaran, menurut Bambang sudah bisa dipesan sejak saat ini. Reservasi untuk KA Lebaran sudah dilakukan sejak 12 Mei 2012. Bahkan untuk pemberangkatan H-3 hingga H-1 Lebaran 2012 sudah ada yang mencapai 100 persen.

"Harga tiket untuk angkutan Lebaran ada penyesuaian, namun tetap dalam aturan yang berlaku yakni sesuai dengan tarif batas atas" kata Bambang.

Harga tiket KA eksekutif tertinggi dari Bandung ke Surabaya yakni Rp 550 ribu hingga Rp 600 ribu untuk KA Turangga dan Argo Wilis. Sedangkan tarif KA Bisnis berkisar Rp 220 ribu hingga Rp 240 ribuan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement