Jumat 08 Jun 2012 03:07 WIB

Peserta Vasektomi Dilatih Jadi Motivator KB Pria

Keluarga Berencana. Ilustrasi
Foto: .
Keluarga Berencana. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Sebanyak 50 pria yang menjadi peserta vasektomi di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan dilatih guna disiapkan menjadi motivator Keluarga Berencana (KB) khusus pria di daerah itu. Pelatihan itu meliputi komunikasi, edukasi, dan informasi terkait pengalaman motivator setelah menggunakan vasektomi.

"Mereka akan membantu pemerintah setempat memberikan motivasi bagi pria lainnya agar mengunakan vasektomi, sesuai pengalamannya setelah sekian lama mengunakan spiral," kata Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesejahteraan Keluarga Badan Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan (BKKB dan PP) Kabupaten Mukomuko, Edwin Harnani, Kamis (7/6).

Dikatakannya, motivator KB pria berpengaruh besar untuk menarik aseptor KB sebanyak mungkin karena yang menyampaikan merupakan warga yang telah mengunakan alat kontrasepsi vasektomi. Terkait honor bagi motivator KB pria, menurut dia, untuk sementara kegiatan itu merupakan kerja sukarela karena tidak ada anggaran dari instansi itu untuk membayar honor motivator tersebut.

Sementara itu, dari 50 warga di daerah itu, baru sebanyak 40 orang warga yang telah mengunakan alat kontrasepsi vasektomi, sedangkan 10 orang telah mendaftar tinggal lagi mengikuti operasi di Kota Bengkulu. Selanjutnya, program pemberian hadiah bagi peserta vasektomi dari bupati setempat, tetap berjalan. "Sebanyak 40 orang telah menerima hadiah masing-masing sebesar Rp 1 juta sedangkan 10 orang diberikan setelah proses operasi selesai," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement