Kamis 07 Jun 2012 13:28 WIB

Menteri Andi Akui Usul Anggaran Hambalang Rp2,5 T

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Hafidz Muftisany
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Menpora Andi Mallarangeng membenarkan kalau kementerian pemuda dan olah raga mengajukan anggaran sebesar Rp 2,5 triliun untuk pembangunan fasilitas olah raga Hambalang, Bogor, Jawa Barat.  

‘’Kalau tidak salah itu ada usulan sebelumnya dari kementerian,’’ kata Andi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (7/6).

Angka Rp 2,5 triliun itu muncul dalam surat yang dikirimkan Sekretaris Kemenpora, Wafid Muharram pada 2010. Surat itu merupakan jawaban dari kemenpora atas permintaan Komisi X DPR.

Dalam surat itu, disampaikan rincian usulan penambahan anggaran sebesar Rp 1.535,835 miliar untuk kegiatan prioritas yang belum terakomidir dalam DIPA Kementerian Pemuda dan Olahraga Tahun 2010.

Dana itu diperuntukkan persiapan pelaksaan SEA Games dan ASEAN Para Games 2011 sebesar Rp 550 miliar. Sebanyak Rp 50 miliar digunakan untuk persiapan, Rp 200 miliar untuk renovasi venues, Rp 200 miliar untuk pengadaan sarana dan peralatan pertandingan. Serta Rp 100 miliar untuk pembinaan kontingen.

Anggaran Rp 2,5 triliun itu berbeda dengan angka yang selama ini beredar, yaitu sebesar Rp 1,1 triliun. Menurut Andi, meskipun kementerian pernah mengajukan anggaran Rp 2,5 triliun, namun proyek multiyears (tahun jamak) yang disetujui kementerian keuangan hanya Rp 1,1 triliun.

‘’Itu (anggaran Rp 2,5 triliun) tidak disetujui,’’ pungkas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement