Kamis 07 Jun 2012 04:34 WIB

Wih, Inggris Kagumi Indonesia, Kagum Apa?

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Endah Hapsari
Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Mark Canning.
Foto: http://ukinindonesia.fco.gov.uk
Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Mark Canning.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menyaksikan toleransi beragama di Indonesia, ternyata mampu membuat Duta Besar Inggris untuk Indonesia Mark Canning terkagum-kagum. Bahkan, dia mengatakan, Indonesia telah mencapai prestasi luar biasa dalam beberapa dekade terakhir. Menurutnya, negara ini telah beralih dari otoritarian menuju demokrasi, dari kehancuran ekonomi menuju keanggotaan G20.

Ia menambahkan, seperti diungkap Perdana Menteri David Cameron saat menyampaikan pidato di Jakarta baru-baru ini, upaya dalam mencapai demokrasi sangat kompleks dan penuh dengan tantangan, terlebih bagi sebuah bangsa yang sangat beragam dan berkembang seperti Indonesia. Selain itu, ada beberapa tantangan lain yang lebih sulit dibanding mewujudkan sebuah masyarakat dimana penduduknya bebas untuk menjalankan keyakinannya.

"Saya tidak mau berpura-pura bahwa Inggris bisa menyelesaikan semua masalah, namun saya yakin bahwa sikap tidak toleransi itu penting untuk dihindari. Jika hal ini tidak dilakukan, sikap tersebut akan tumbuh dan menyebar ke seluruh aspek kehidupan kita," ujar Canning dalam satu pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement