Senin 04 Jun 2012 08:29 WIB

Perpustakaan Yogya Gelar Lomba Penulisan Cerita Anak

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta menggelar lomba penulisan cerita anak. Kegiatan tersebut sebagai bagian dari pelaksanaan kegiatan Bulan Buku Jogja 2012.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menyemarakkan Bulan Buku Jogja 2012 dan Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati setiap 14 September," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta, Sri Sulastri, di Yogyakarta, Senin.

Sri mengatakan lomba penulisan cerita anak yang berbentuk cerita pendek ini dimaksudkan untuk membentuk karakter positif anak-anak melalui cerita yang mendidik. Cerita yang bisa diteladani, menggali potensi anak, serta meningkatkan kreativitas anak.

Peserta lomba penulisan cerita anak tersebut ditujukan untuk seluruh warga masyarakat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Peserta dibagi dalam dua kategori, yaitu umum dan anak-anak usia 10-15 tahun.

Ia mengatakan naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, karya asli, dan belum pernah dipublikasikan atau diikutkan dalam lomba sejenis. Naskah diterima paling lambat pada 1 September 2012. Pengumuman akan dilakukan melalui laman milik perpustakaan Kota Yogyakarta.

"Tema cerita dalam lomba penulisan ini bebas. Tetapi, tema harus mengandung pesan pendidikan, lingkungan atau nilai-nilai tertentu, dan tidak boleh mengandung unsur SARA maupun pornografi," katanya. ''Panitia akan memilih 10 nominator untuk kemudian ditentukan lima pemenang." 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement