Ahad 03 Jun 2012 15:52 WIB

Patung Pahlawan Betawi Diresmikan

Rep: Alicia Saqina/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Patung pahlawan nasional Muhammad Hoesni Thamrin akhirnya diresmikan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Patung yang perencanaan pembangunannya sudah sejak tahun 2000 ini, berlokasi di ujung jalan MH Thamrin, tidak jauh dari patung kuda Arjuna Wijaya, kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Catharina Suryowati, mengatakan, patung pahlawan Betawi ini dibuat untuk memperkenalkan lebih jauh tentang sejarah dan perjuangan putra daerah Betawi, yaitu MH Thamrin.

“Ini sebagai wujud penghargaan,” ujar Catharina dalam pidato sambutannya di acara peresmian, Ahad (3/6) pagi.

Detail yang ada pada patung MH Thamrin karya pematung asal Bali Ketut Winata ini, ucap Catharina, memiliki filosofi khusus.

Patung sosok MH Thamrin dengan posisi berdiri merupakan sikap berdiri yang santun. Kemudian gulungan kertas yang ada pada tangan kirinya melambangkan buah pikiran pahlawan ini yang diwujudkan dalam bentuk tulisan. Dan dari sikap tangan kanannya yang terbuka mewakilkan sifat Husni Thamrin yang semasa hidupnya selalu terbuka terhadap rakyat.

Catharina juga mengatakan, lokasi pembangunan patung ini sangat tepat. Menurutnya, baik pengguna jalan dan masyarakat yang datang melihat dapat berinteraksi dengan patung ataupun sebaliknya.

“Lokasi patung MH Thamrin dirasa pas karena berada di wilayah ring I,” tuturnya. Kemudian apabila dilihat dari sudut atau arah lain, patung ini juga masih dapat terlihat dengan baik. “Misal dari Jalan Budi Kemuliaan, masih bisa terlihat,” imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement