Rabu 30 May 2012 13:33 WIB

Polisi: Pengamanan Persija vs Persib Sudah Dipersiapkan H-3

Rep: Asep Wijaya/ Red: Hazliansyah
Persija Vs Persib
Foto: blogspot
Persija Vs Persib

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laga antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu (27/5) menyisakan duka yang mendalam. Tiga orang meninggal dunia sementara lima lainnya mengalami luka-luka usai wasit meniupkan peluit tanda pertandingan antara dua klub besar Indonesia itu berakhir.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, sebenarnya polisi telah membicarakan persiapan pengamanan pertandingan antara dua klub raksasa Indonesia itu tiga hari sebelum laga digelar. Pembicaraan tersebut, ujar dia, melibatkan penyelenggara pertandingan, perwakilan The Jakmania dan kepolisian.

Dalam pertemuan itu, Agung menyatakan, semua pihak yang hadir telah menyepakati satu keputusan yang menyatakan bahwa dalam pertandingan nanti tidak boleh ada pendukung Persib Bandung yang menyaksikan laga. Selain itu, Agung menuturkan, langkah pengelolaan dan penempatan personel kepolisian juga telah dibahas.

Lebih lanjut, Agung mengungkapkan, mekanisme perkuatan pengamanan di sekitar stadion juga telah dijalankan aparat keamanan dengan baik. Setiap petugas, ungkap dia, telah menempati berbagai titik yang telah disepakati sebelumnya.

Hasilnya, ujar Agung, sebelum laga dimulai, sebanyak 28 batang petasan berhasil disita polisi dari salah seorang penonton yang akan memasuki stadion. Kemudian, tutur dia, polisi juga menangkap enam orang yang kedapatan membawa petasan, gir dan narkoba.

"Jadi situasi di sekitar stadion bisa dikatakan aman, sedangkan, mereka yang diamankan polisi kini diproses di Polsek Tanah Abang," ucap Agung di hadapan sejumlah wartawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement