Rabu 30 May 2012 11:23 WIB

Wah, Lansia Indonesia Masuk Lima Besar Dunia

Lansia (ilustrasi)
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Indonesia saat ini termasuk lima besar di dunia terbanyak jumlah penduduk lanjut usia , yaitu mencapai 18,04 juta jiwa pada 2010 atau mencapai 9,6 persen.

Jumlah lanjut usia di Indonesia saat ini termasuk lima besar terbanyak di dunia, tentunya ada konsekuensi terhadap besarnya kebutuhan pelayanan dan perlindungan sosial lanjut usia," kata Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Samsudi di Jakarta, Rabu.

Jumlah penduduk lansia tersebut meningkat sebanyak empat kali lipat dibandingkan pada 1970 yang tercatat lansia mencapai sekitar 5,3 juta jiwa atau 4,48 persen.

Meningkatnya jumlah lansia seiring dengan meningkatnya angka usia harapan hidup penduduk Indonesia sehingga laju penduduk lanjut usia tumbuh dengan cepat.

Seiring dengan meningkatnya jumlah lansia dan mobilitas penduduk yang semakin tinggi di era globalisasi berimplikasi terhadap pola hidup masyarakat seperti perubahan sistem nilai masyarakat.

Dalam beberapa kasus keberadaan lanjut usia sering dianggap beban dalam keluarga sehingga mereka kurang mendapat perhatian bahkan sampai telantar. "Karena berbagai permasalahan lansia itu perlu perhatian dan upaya serius untuk mengantisipasi persoalan-persoalan yang berhubungan dengan masalah lanjut usia," kata Samsudi.

Adapun program Kementerian Sosial bagi para lansia di antaranya layanan "home care" yaitu pelayanan lansia berbasis keluarga dimana yang melayani adalah keluarga mereka sendiri. Sekitar 20 ribu lansia yang mendapat pelayanan berbasis keluarga tersebut.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement