Rabu 30 May 2012 09:02 WIB

Indonesia Tuan Rumah Asia Media Summit 2013

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Dewi Mardiani
Ban Ki Moon
Foto: Wahyu Putro/Antara
Ban Ki Moon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --   Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan forum Asia Media Summit ke-13 di Manado 2013 mendatang. Hal tersebut disampaikan Kementerian Luar Negeri pada acara pembukaan Asia Media Summit (AMS) ke-12 di Bangkok, kemarin.

Seperti tertulis dalam rilisnya, Indonesia menghadiri AMS sebagai Presiden Dewan Eksekutif Asia-Pasific Institute for Broadcasting Development (AIBD). Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Maladewa, Maryam Mizna Shareef, sebagai Presiden Konferensi AIBD, membuka secara resmi AMS di Bangkok ini. Pertemuan wakil dari pemerintah, pengelola media serta para wartawan se Asia-Pasifik ini dihadiri sekitar 700 orang wakil dari kawasan.

“Media di kawasan Asia Pasifik memasuki perubahan yang cepat, di mana internet dan media sosial menjadi amat penting untuk berbagi informasi. Namun bagi sebagian banyak orang, kemajuan pembelahan digital ini belum menjadi realitas," kata Sekjen PBB Ban Ki-Moon dalam sambutan tertulisnya.

Di banyak belahan di kawasan ini, lanjut Ban, kebebasan pers masih terancam sensor pemerintah. Masih terdapat juga ancaman serangan kepada para wartawan. "Kita tidak boleh lupa bahwa media yang independen dan bebas, adalah batu loncatan tidak hanya bagi demokrasi, tapi juga tumbuhnya masyarakat yang sehat," kata Ban.

Pernyataan Sekjen PBB tak ketinggalan telah diamini oleh Sekjen ASEAN, Surin Pitsuwan. Menurut dia, media telah menyadi realitas kekuatan di tengah perubahan kehidupan sehari-hari.

“Media berperan besar dalam membangun perubahan Kawasan Asia-Pasifik, terutama di Asia Tenggara menjadi sorotan masyarakat global. Munculnya kelas menengah di tengah perubahan ini membawa nilai dan norma baru, di mana media berperan sangat besar”, kata Surin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement