Selasa 29 May 2012 15:35 WIB

KPK Temukan Tanah di Hambalang Sudah Longsor

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Hafidz Muftisany
Proyek Hambalang
Foto: Antara
Proyek Hambalang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menemukan longsoran tanah pada area proyek pembangunan fasilitas olahraga di Hambalang, Bogor, sebelum dua unit bangunan proyek itu roboh.

"Jadi tim KPK sudah ke Hambalang dua pekan lalu untuk melihat progres pembangunan. Nah, pada waktu itu tim KPK menemukan ada longsoran-longsoran tapi bukan ambruk," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di kantornya, Selasa (29/5).

Terkait ambruknya dua bangunan tersebut, Johan mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih menunggu konfirmasi resmi dari pihak yang berwenang. Hal itu, agar dapat dijadikan bahan pengembangan dalam pengusutan perkara korupsi tersebut.

"Info ambruknya bangunan perlu diverivikasi oleh yang berwenang," katanya.

Sebanyak dua unit bangunan proyek Hambalang di zona bawah yang ambruk, yakni pembangkit energi dan lapangan indoor. Kedua bangunan ini ambruk akibat tanah yang amblas ambles sedalam 2-5 meter.

Di lapangan indoor sendiri sudah terbangun satu inti bangunannya. Sementara di gedung pembangkit energi sendiri berfungsi sebagai tempat menyimpan genset yang hampir usai. Saat ambruk, genset ada di dalamnya. Genset itu berhasil diselamatkan setelah kejadian.

Di zona bawah ini sedianya akan dibangun lapangan angkat besi, senam gulat, basket indoor, lapangan tembak, dua gedung pembangkit energi, lapangan outdoor, atletik, gedung serbaguna, bulu tangkis, aquatic, kolam renang dan panahan. Ada beberapa bangunan sudah dimulai pembangunannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement