Selasa 22 May 2012 15:34 WIB

Siapkan Angkutan Lebaran, KAI Mulai Perbaiki Rel

Lintasan kereta api (ilustrasi)
Foto: news352.lu
Lintasan kereta api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto, Jawa Tengah, mulai memperbaiki jalur rel sebagai antisipasi menghadapi masa angkutan Lebaran 2012."Saat ini memang ada perbaikan sarana dan prasarana untuk menyiapkan angkutan Lebaran," kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, di Purwokerto, Selasa (22/5).

Dengan demikian, ia berharap sebelum masa angkutan Lebaran, seluruh perbaikan yang dilaksanakan dapat rampung. Menurut dia, salah satu perbaikan yang dilakukan PT KAI Daop 5 Purwokerto berlokasi di Terowongan Kalirajut, Desa Notog, Kecamatan Patikraja, Banyumas. Dalam hal ini, kata dia, seluruh bantalan rel di dalam terowongan sepanjang 230 meter tersebut diganti.

"Ada 480 bantalan rel yang diganti dengan bantalan yang baru," katanya. Dia mengakui, proses penggantian bantalan rel di Terowongan Kalirajut memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena sempit dan minim penerangan.

Oleh karena itu, kata dia, pekerja harus membawa genset untuk menyalakan lampu guna menerangi terowongan. Selain itu, lanjutnya, seluruh pekerja harus berhenti saat ada kereta api yang melintas.

"Selama ada pekerjaan tersebut, seluruh KA yang melintas di terowongan hanya diperbolehkan dengan kecepatan 20 km per jam," katanya. Ia mengatakan, pekerjaan penggantian bantalan rel yang dimulai Sabtu (12/5) ditargetkan selesai dalam 20 hari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement