Jumat 18 May 2012 18:48 WIB

BMKG: Pantai Carita Aman Bagi Wisatawan

Logo BMKG
Logo BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Serang menyatakan cuaca pesisir Pantai Carita di Kabupaten Pandeglang Banten aman bagi wisatawan yang ingin mengisi liburan panjang karena tinggi gelombang mencapai dua meter.

"Selama ini cuaca pesisir Pantai Carita relatif normal dan tidak berbahaya jika berenang atau main jet ski," kata Koordinator Unit Analis Cuaca BMKG Stasiun Serang Halim Perdanakusumah saat dihubungi di Lebak, Jumat malam.

Halim menyebutkan, prakiraan tinggi gelombang Banten bagian selatan berkisar 0,7 meter sampai 2,0 meter dengan rata-rata kecepatan angin 20 kilometer per jam.

Tiupan angin bergerak dari timur dengan kisaran tiga sampai 10 knot. Gelombang bergerak dari tenggara dengan jarak pandang empat sampai delapan kilometer.

Suhu pada siang hari berkisar antara 23 derajat sampai 32 derajat Celcius, sedangkan tingkat kelembaban udara berkisar 65 persen sampai 95 persen.

Menurut dia, selama ini cuaca perairan Labuan meliputi Pantai Carita, Panimbang, Sumur, Tanjung Lesung dan Ujungkulon tidak berbahaya bagi nelayan maupun wisatawan.

Diperkirakan beberapa hari ke depan cuaca Pantai Carita relatif aman bagi wisatawan yang hendak menikmati panorama alam pesisir itu.

Mereka para pengunjung boleh berenang dan bermain jetski di pesisir Pantai Carita.

"Kami menjamin cuaca Pantai Carita tidak berbahaya untuk berenang dan main jet sky," katanya menjelaskan. Ia menambahkan, meskipun cuaca Panta Carita aman, tetapi pengunjung tetap menggunakan pakaian pelampung untuk mencegah kecelakaan laut.

"Saya kira pakaian pelampung itu guna melindungi keamanan saja, jika terjadi gelombang tinggi," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement