Kamis 17 May 2012 23:02 WIB

Puncak Disesaki Wisatawan, Polisi Tambah Personel

Rep: Ghalih Huriarto/ Red: Hazliansyah
Ratusan kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Puncak Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Foto: Antara/Jafkhairi
Ratusan kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Puncak Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAWI -- Arus lalu lintas menuju kawasan wisata puncak pada libur Kenaikan Isa Almasih dan cuti bersama minggu ini begitu padat. Terjadi kenaikan volume kendaraan lebih dari 100 persen dari biasanya.

Untuk mengantispasi peningkatan jumlah kendaraan tersebut, Polisi Resor Bogor dibantu dengan beberapa Polsek di sekitar Puncak menambah personil untuk mengatur lalu lintas.

"Kami dari Resor Bogor dibantu dengan Polsek yang ada di jalur Puncak di antaranya Polsek Megamendung dan Cisarua. Pada weekend biasa kami menurunkan 125 personil, tapi untuk libur panjang ini kami tambah menjadi 225 personel," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Zainal Abidin kepada Republika, Kamis (17/5)..

Selain itu, polisi, lanjut Zainal juga akan melakukan sistem buka tutup. Namun sistem tersebut tidak dilakukan seperti jadwal biasanya. "Kami akan berlakukan sistem buka tutup secara situasional, tidak seperti jadwal biasanya. Kami melihat kondisi kepadatan kendaraan yang menuju dan keluar Puncak," jelasnya.

Jadwal pada akhir pekan biasa, arus lalu lintas menuju Puncak pada pukul 09.00 hingga 11.30 WIB diberlakukan satu arah, dan arah sebaliknya ditutup. Pukul 11.30 hingga 15.00 diberlakukan arus normal dua arah dan pukul 15.00 hingga 18.00 WIB satu arah menuju Jakarta dan ditutup pada arah sebaliknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement