Kamis 17 May 2012 16:45 WIB

Libur Panjang, Penumpang Padati Bandara Soekarno-Hatta

Rep: ira sasmita/ Red: Heri Ruslan
Terminal keberangkatan 1B Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Terminal keberangkatan 1B Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan penumpang memadati bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Kamis (17/5). Libur panjang mengakibatkan lonjakan penumpang pesawat terbang terlihat di terminal keberangkatan dalam dan luar negeri.

"Volume peningkatan belum diketahui, tetapi semua penerbangan domestik dilaporkan penuh," ujar Kepala Officer In Charge (OIC) Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Eddy Purnomo.

Terminal 1 yang merupakan pusat keberangkatan dalam negeri, kata Eddy sudah dipenuhi penumpang sejak Rabu (16/5) sore. Menurutnya kota Medan, Surabaya, Makassar dan Bali menjadi favorit kunjungan penumpang. Sebab rute penerbangan ke kota tersebut meningkat. Tercatat jumlah penerbangan hingga kemarin sore telah mencapai 296 keberangkatan di terminal 1. Eddy memerkirakan lonjakan penumpang akan semakin meningkat sore atau Jumat (18/5) besok.

Sejumlah loket maskapai penerbangan dipadati calon penumpang yang berburu tiket dengan beragam destinasi. Diana (25 tahun) petugas tiketing Batavia Air menjelaskan meskipun harga tiket pada akhir pekan cukup mahal, permintaan penumpang tetap tinggi.

"Meski singkat, liburan kali ini bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi keluarga sekaligus berwisata di Medan," kata Henny, penumpang pesawat tujuan Medan.

Antrean keberangkatan penumpang tidak hanya terlihat di terminal 1. Keberangkatan dalam negeri di terminal 3 juga dipenuhi calon penumpang. Di terminal 3, Bali merupakan destinasi sebagian besar penumpang. Ingka (20 tahun) dan lima temannya memanfaatkan libur panjang untuk berwisata ke pulau dewata tersebut. Ia telah memesan tiket dua bulan sebelum keberangkatan.

"Mumpung ada promosi dan bertepatan dengan long weekend, tiket langsung dipesan," ucapnya.

Keramaian juga terlihat di terminal keberangkatan dalam negeri. Singapura mendominasi tujuan keberangkatan di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Namun, kepadatan penumpang di bandara belum menyebabkan kemacetan pada ruas jalan menuju bandara. Arus keluar masuk tol Sedyatmo masih terpantau lancar. Hingga pukul 15.00 arus lalu lintas dari bandara menuju tol dalam kota ataupun sebaliknya masih terlihat ramai dan lancar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement