Rabu 16 May 2012 22:33 WIB

Delay Empat Jam, Penumpang Batavia di Pekanbaru Tuntut Kompensasi

Salah satu pesawat milik maskapai Batavia Airlines.
Foto: mynetbizz.com
Salah satu pesawat milik maskapai Batavia Airlines.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sebanyak 160 penumpang pesawat Batavia Air di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, menuntut kompensasi atas keterlambatan (delay) penerbangan salah satu pesawat milik maskapai itu selama lebih empat jam.

Beberapa calon penumpang di terminal Bandara SSK II Pekanbaru, Rabu malam, bahkan memilih untuk tidak menaiki pesawat yang telah menunggu di parkiran bandara hingga teralisasinya janji kompensasi berupa uang tunai senilai Rp 300 ribu per orangnya.

"Pihak manajemen Batavia Air tadi sempat menjanjikan kalau akan ada kompensasi berupa kupon yang nantinya ditukarkan ke uang tunai senilai Rp300 ribu. Tapi sampai sekarang janji itu belum juga terealisasi," kata Rian.

Rian merupakan calon penumpang salah satu pesawat dari Maskapai Batavia Air yang rencananya akan duduk di bangku bernomor 28b. Dia juga membenarkan kalau banyak calon penumpang yang bersikeras untuk tetap berada di terminal tunggu Bandara SSK II Pekanbaru guna menunggu realisasi kompensasi tersebut.

"Sangat banyak penumpang yang tidak mau naik ke pesawat sebelum ada kompensasi diberikan. Kalau ada yang berusaha naik, penumpang lainnya akan berteriak melarangnya," katanya.

Operator maskapai sempat sekian kali memanggil lewat pembesar suara agar para calon penumpang segera menaiki pesawat yang telah lama menunggu di avron (parkir). Namun sejumlah calon penumpang tetap bersikeras untuk menunggu terealisasinya janji kompensasi tersebut.

Salah seorang staf Maskapai Batavia Air, kata Rian, kemudian mengunjungi para calon penumpang yang berada di terminal tunggu. "Staf ini menjanjikan kalau kupon kompensasi itu akan diberikan di dalam pesawat. Akhirnya seluruh penumpang naik pesawat. Harapan kami, janji tersebut benar-benar ada," katanya.

Pesawat milik maskapai penerbangan Batavia Air dengan kode penerbangan Y6-562 rute Pekanbaru-Jakarta dikabarkan ditunda (delay) empat jam akibat adanya perbaharuan jadual oleh pihak managemen maskapai.

Dilihat dari jadual semulanya yang tercantum pada tiket salah seorang penumpang, seharusnya pesawat Batavia Air sudah berangkat dari pekanbaru menuju Jakarta sekitar pukul 17.30 WIB. Namun baru terlaksana sekitar pukul 21.30 WIB.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement