Rabu 16 May 2012 22:09 WIB

Warga Temukan Granat dan Mortir di Lubang Galian

Rep: Muhammad Ghufron/ Red: Dewi Mardiani
Granat Nanas
Granat Nanas

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG--Dua buah bahan peledak ditemukan warga di lubang galian di sekitar Jalan Siliwangi, Baleendah, Kabupaten Bandung. Diduga, bahan peledak itu tidak aktif karena kondisinya yang sudah berkarat.

Kapolsek Baleendah Ajun Komisaris Susianti Rachmi mengatakan bahan peledak itu berjenis granat nanas dan mortir kaliber 80 milimeter. Benda itu ditemukan oleh Ade (41 tahun), seorang buruh yang tengah melintas di sekitar lubang galian tersebut.

Ade tercatat sebagai warga Kampung Sinargaling RT 02/05, Desa Bojong Sari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Menurut Susianti, Ade menemukan dua bahan peledak itu pada Senin (14/5), sekitar pukul 11.00 WIB. "Dia (Ade) langsung melapor kepada kami," kata dia Rabu (16/5).

Pihak kepolisian langsung merespons dengan mengamankan dua bahan peledak itu. Diduga, kata dia, granat nanas dan mortir tersebut tidak aktif. Sebab, lubang pemicu granat nanas sudah berkarat. Sementara kondisi mortir juga serupa.

Susianti menambahkan, sejauh ini polisi belum bisa memastikan temuan dua bahan peledak tersebut. Lebih lanjut, kata dia, penanganan diserahkan tim uji bahan peledak dari Brimob.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement