Senin 14 May 2012 12:56 WIB

Tanker Dibajak, Pertamina Tetap Pede Stok BBM Aman

Pertamina
Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Direktur Pengembangan Investasi dan Manajemen Resiko PT Pertamina Persero M. Afdal Bahaudin mengungkapkan stok nasional bahan bakar minyak (BBM) aman, walau kapal tanker MT Smyrmi milik Pertamina dibajak perompak Somalia.

"Kami yakin sekali secara stok nasional kondisi ini tidak terpengaruh," kata Afdal saat ditemui di sela acara Sosialisasi KKE BUMN di kantor pusat Pertamina, Senin (14/5).

Afdal menyatakan, kapal tersebut mengangkut sekitar 997.240 barel minyak dan tengah menuju Kilang Balikpapan, Kalimantan Timur, saat dibajak.

Minyak tersebut, tambahnyam sudah diasuransikan oleh pihak Pertamina. Namun, Afdal enggan menyebutkan berapa nilai asuransi dan total harga minyak tersebut. "Saat ini, perompak Somalia membutuhkan waktu tiga hari untuk negosiasi," tuturnya.

Menurutnya, kapal itu disewa PT Pertamina Energi trading Ltd (Petral) berbendera Liberia. Aksi pembajakan terjadi pada Kamis, 10 Mai 2012. Pembajakan tersebut merupakan yang pertama sejak 2012.

Kapal itu diketahui mengangkut minyak Azri dari Azerbaijian menuju Kilang Balikpapan. Kapal dibajak di perairan tenggara Oman.

Sebelumnya, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengatakan akan segera mengoordinasikan upaya penyelamatan kapal tanker sewaan PT Pertamina yang dibajak perompak Somalia itu.

Ia mengakui Indonesia sebelumnya pernah mengirim pasukan khusus untuk kasus seperti ini. "Saya akan mempelajari situasi segera dan melihat apa yang terjadi sehingga bisa mengambil tindakan," ujar Dahlan akhir pekan lalu. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement