Rabu 09 May 2012 13:01 WIB

Hubungan Indonesia-India Meningkat Tajam

Rep: Lingga Permesti/ Red: Hafidz Muftisany
Hubungan Indonesia dan India
Hubungan Indonesia dan India

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Hubungan India dan Indonesia semakin meningkat dan erat setiap tahunnya. Perdagangan diantara keduanya meningkat dari 4,38 miliar dolar AS di tahun 2005-2006, menjadi sekitar 16,16 miliar dolar di tahun 2010-2011.

India juga partner perdagangan kedua terbesar di ASEAN. Dengan ASEAN, India mengalami peningkatan perdagangan sebesar 50,33 miliar dolar AS.

Duta besar India, Gurjit Singn, juga menyatakan kegembiraannya akan peningkatan hubungan diantara kedua negara dan akan semakin mempererat jalinan keduanya dengan hubungan perdagangan.

"Hubungan perdagangan kedua negara semakin meningkat. Sejauh ini, investasi India di Indonesia sebagian besar di bidang otomotif, kimia, pakaian dan pertanian. Saya harap akan meningkat lebih jauh,"kata Singn, Rabu (9/5) saat menghadiri A Slice of India di Universitas Al Azhar Indonesia.

Ia juga mengharapkan adanya peningkatan kerja sama dibidang pembangunan dan infrastruktur, teknologi informasi dan industri makanan. "India melihat Indonesia sebagai anggota ASEAN yang terbesar dan paling berpengaruh. Hubungan kuat diantara keduanya sangat kritis dan vital,"ungkap Singn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement