Selasa 08 May 2012 12:17 WIB

Hati-hati, Tiga Gunung Api Ini Berstatus Siaga

Gunung Lokon
Gunung Lokon

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Tiga gunung api aktif di Indonesia yakni Gunung Karangetang, Lokon dan Ijen hingga saat ini masih berstatus siaga atau level III.

"Semeru statusnya sudah diturunkan sejak 2 Mei 2012, sehingga tinggal tiga gunung itu yang masih siaga," kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Hendrasto di Bandung, Selasa (8/5).

Penurunan status Gunung Semeru dilakukan setelah hasil pengamatan visual maupun kegempaanya terus menurun. Meski dalam status waspada, menurut Hendrasto, Gunung Semeru masih sering meletus.

Ia berharap masyarakat tidak beraktivitas dalam radius satu kilometer dari kawah aktif (jongring seloko) karena ada ancaman bahaya lontaran material vulkanik. "Oleh karena itu pendakian direkomendasikan hanya sampai Kali Mati," ujarnya.

Selain itu, kata dia, ada 15 gunung api lainya yang berstatus waspada atau Siaga II yakni Gunung Galunggung, Papandayan, Krakatau, Ile Lewotolo, Gamalama, Rokatenda, Soputan, Ibu, Marapi, Gamkonora, Sinabung, Talang, Kerinci, Karangetang dan Dukono.

"PVMBG tetap mengeluarkan rekomendasi kepada masyarakat dan pengunjung, termasuk untuk gunung berstatus waspada, untuk tidak masuk area kawah di radius satu kilometer," kata Hendrasto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement