Senin 07 May 2012 11:27 WIB

Kejar Adipura, Banyak Taman di Cilandak tak Terurus

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Hafidz Muftisany
Ruang Terbuka Hijau di Jakarta (ilustrasi)
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ruang Terbuka Hijau di Jakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILANDAK- Banyak taman-taman di jalur hijau di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan tidak terawat. Taman yang terlihat sangat tidak terurus dengan baik yakni taman-taman di jalur hijau sepanjang jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan.

Terutama taman di perempatan bawah tol dalam kota tampak tanaman-tanaman bunga banyak yang layu dan rumput-rumput sudah mengering.

Menanggapi hal itu, Kepala Suku Dinas (sudin) Pertamanan Jakarta Selatan, Nandar Sunandar mengatakan akan mengecek, apakah taman tersebut pemeliharaannya merupakan tanggungjawab Sudin Pertamanan Jakarta Selatan.

''Tidak semua pemeliharaan taman atau jalur hijau yang berada di Jakarta Selatan kewenangannya berada di bawah sudin. Seperti di Taman Langsat dan Bumi perkemahan Ragunan itu pemeliharaannya ada di Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta,'' ungkap Nandar, Senin (7/5).

Menurutnya, upaya penghijauan sekaligus perluasan ruang terbuka hijau (RTH) terus digalakkan Pemkot Administrasi Jakarta Selatan. Di Jakarta Selatan terdapat 100 titik RTH. ''RTH sangat penting ditambah dan dilestarikan,'' tegas Nandar.

Apalagi saat ini, lanjutnya wilayah Jakakarta Selatan juga sedang menghadapi penilaian untuk Piala Adipura, sehingga taman dan jalur hijau sebagai salah satu poin penting harus dijaga. ''Kita akan upayakan untuk kontrol mengurus taman dan jalur hijau. Tapi, memang pemeliharaan yang dilakukan harus berkesinambungan bukan hanya saat penilaian Adipura saja,'' jelas Nandar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement