Ahad 06 May 2012 18:39 WIB

Innalillahi, Haji Bodong Tutup Usia

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Heri Ruslan
Komedian Betawi, Haji Bodong Meninggal Dunia
Foto: beritajakarta.com
Komedian Betawi, Haji Bodong Meninggal Dunia

REPUBLIKA.CO.ID,  KRAMAT JATI -- Salah satu komedian ternama betawi, Haji Bodong (80 tahun) meninggal dunia. Almarhum meninggal pada Ahad (6/5), pukul 07.30 WIB di kediamannya di Kampung Dukuh RT 07 RW 01 Kelurahan Dukuh, Kecamatan Keramat Jati Jakarta Timur.

Istri almarhum, Lina, mengatakan, saat dia ingin memandikan almarhum sekujur tubuhnya sudah dingin. "Saya kaget, dan langsung manggil ustaz, kerabat, dan tetangga untuk membacakan yasin," ujarnya kepada Republika.

Almarhum meninggalkan satu orang istri, dua orang putra, dan empat orang cucu. Almarhum mengidap sesak nafas akut dan komplikasi paru-paru. Lina mengatakan, sakit tersebut sudah tiga tahun diderita oleh beliau. "Sudah sering bolak balik rumah sakit untuk pengobatan, terakhir sebelum meninggal  ia sempat dirawat di rumah sakit polri selama 12 hari," ujar Lina.

Lina tidak merasakan firasat apapun, beliau juga tidak meninggalkan pesan apapun sebelum menghembuskan nafas terakhirnya. "Kenangan terkahir, dia manggil saya dua kali, begitu saya samperin dia ga ngomong apa-apa," ujar Lina

Semasa hidupnya almaruhum Haji Bodong dikenal sebagai orang yang tegas dan pendiam. Salah satu kerabat almarhum, Eva, mengatakan  Haji Bodong adalah sosok yang baik dan memang lucu. "Kenangan yang berkesan, saya pernah diajakin beliau untuk ikut grup lenongnya," ujarnya. Eva menambahkan, beliau juga menjalin hubungan baik dengan tetangga.

Menurut Lina, selama sakit beliau tidak pernah mengeluh sama sekali. "Dia lebih banyak diam," ujarnya. Di keluarga beliau memang dikenal sebagai orang yang pendiam. Lina mengatakan, apabila pulang dari syuting atau main lenong, ialebih memilih untuk istirahat. "Jarang ngajak cucu jalan-jalan, paling kalau ada duit selalu ngasih buat cucu, anak dan buat kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Sebagai istri Lina tampak tegar dengan kehilangan almarhum suaminya H.Bodong. Menurut Lina, selama kurang lebih 30 tahun menjalani pernikahan, beliau tidak pernah marah dan terkenal tidak neko-neko. "Paling kalau lagi kesel, saya cuekin, tapi ntar juga beliau baik lagi, dan udah biasa lagi", ujarnya.

Almarhum tergabung dengan grup Topeng Betawi yang diasuh oleh Bolot. Ia pernah ikut bermain dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan dan Pepesan Kosong.

Rekan-rekan beliau yang datang melayat antara lain Bolot, Malih, Mandra, dan calon gubernur Jakarta Nachrowi. Almarhum dimakamkan di TPU Pekayon, Gandaria pada pukul 16.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement