Sabtu 05 May 2012 09:08 WIB

Wow, Laskar Pelangi Segera Diterbitkan di Lima Negara

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Endah Hapsari
Andrea Hirata
Foto: Antara
Andrea Hirata

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA---Novel laris "Laskar Pelangi" atau The Rainbow Troops akan diterbitkan minimal di lima negara, yaitu Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Cina dan Korea. 

''Saya senang sekali ''Laskar Pelangi" bisa menembus penerbit di New York yang telah menerbitkan karya 21 para pemenang Nobel Sastra di New York FSG (Farrar, Straus and Giroux),'' kata penulis Novel Tetralogi "Laskar Pelangi" Andrea Hirata pada Republika.

Bagi Andrea hal itu merupakan kesempatan yang sangat berarti dan menjadi jalan bagi karyanya untuk "go international". ''FSG merupakan parameter penerbit buku internasional dan integritas dan kredibilitasnya tidak diragukan lagi. Sehingga dengan diterbitkannya "Laskar Pelangi" oleh FSG membuka jalan dan memudahkan "Laskar Pelangi" diterbitkan oleh para penerbit di negara-negara Eropa dan Asia,'' tutur dia. 

Menurut Andrea, rencananya The Rainbow Troops akan diluncurkan oleh penerbit FSG di Amerika Serikat pada akhir 2012. ''Novel tersebut akan dijual di sekitar 500 toko buku di Amerika Serikat,''ungkap dia. Saat ini Laskar Pelangi sudah dan sedang diterjemahkan ke dalam sekitar 18 bahasa asing.

Menyusul kontrak dengan FSG, The Rainbow Troops akan segera diterbitkan pula oleh beberapa penerbit di Eropa dan Asia. Penerbit terkemuka di Italia, Rizzoli, yang telah menerbitkan buku Eat, Pray and Love serta Three Cups a Tea versi Italia, juga menyatakan keinginannya untuk menerbitkan The Rainbow Troops ke dalam bahasa Italia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement