Sabtu 05 May 2012 08:04 WIB

Mau Jago Nulis? Inilah Tips Andrea Hirata

Andrea Hirata
Foto: Antara/Hermanus Prihatna
Andrea Hirata

REPUBLIKA.CO.ID, Kemampuan menulis Andrea Hirata tentu tak perlu diragukan. Novel-novelnya seperti Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi masuk dalam jajaran novel terlaris.

 

Namun, Andrea tak pelit membagiakn ilmu menulisnya. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan dunia tulis-menulis, terutama untuk menulis novel, Andrea bersedia berbagi tips.

Kata dia, khususnya untuk proses pembuatan novel, dia terbiasa dengan melakukan riset dulu sementara menulis itu hanya butuh waktu dua atau tiga minggu saja.

 

"Pada dasarnya mulai kata pertama sampai kata terakhir bab penutup novel saya, sebelum menulis semua itu telah ada di kepala," ujarnya di hadapan tamu undangan yang sangat antusias sejak pertama masuk ruangan aula perpustakaan dan arsip daerah Kota Bontang.

Hal ini juga ditunjang dengan kebiasaan membaca yang baik. Lagi-lagi, Andrea juga tak segan mengungkap tips agar kita dan keluarga rajin membaca. "Buat ruang baca senyaman mungkin, kepung anak-anak dengan buku sehingga membaca jadi budaya dibanding menonton. Dan untuk bisa menulis dengan baik, wajib gemar membaca atau riset dan dalam menulis serealistis mungkin," tegas Andrea.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement