Kamis 03 May 2012 18:27 WIB

Trafo di Gardu Induk Ujung Berung Meledak

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Satu unit trafo di Gardu Induk PLN Ujungberung di Jalan Cinunuk Kota Bandung meledak dua kali yang menimbulkan suara cukup keras, Kamis.

"Trafo nomor empat di Gardu Induk itu meledak pada Kamis dinihari pukul 00.30 WIB, sedangkan ledakan dari gardu penghubung pada pukul 11.00 WIB," kata Manajer PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Bandung Agung Murdifi di Bandung, Kamis.

Ia menyebutkan, gardu induk PLN yang berada di Kampung Ciguruik Kecdamatan Cinukuk Kabupaten Bandung itu semuanya ada lima gardu, sedangkan empat gardu lainnya tidak ada gangguan.

Namun demikian, setiap trafo masing-masing berkekuatan 60 mega volt amper (MVA). Akibat kerusakan itu, maka trafo nomor empat tersebut akan diganti dengan trafo yang baru yang akan dilakukan secepatnya sehingga tidak mengganggu pelayanan listrik di kawasan itu.

"Trafo yang meledak itu akan diganti dengan yang baru, sedangkan gardu penghubung cukup diperbaiki. Penyebabnya murni hal teknis dan tidak ada sabotase," katanya.

Namun demikian, PLN tetap melakukan penelitian dan investigasi penyebab ledakan trafo nomor empat di gardu induk PLN di Cinunuk itu.

Sementara itu ledakan yang disertai dengan kepulan asap pekat itu langsung diantisipasi oleh petugas dengan menghubungi Unit Pemadam Kebakaran Cileunyi dan Kota Bandung yang langsung mengerahkan enam unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement