Rabu 02 May 2012 23:33 WIB

PLTU Bosowa Resmi Terkoneksi ke Sistem PLN

PLTU Bosowa
Foto: indonesiafinancetoday.com
PLTU Bosowa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeneponto, Makassar, milik Bosowa akhirnya terkoneksi dengan sistem jaringan distribusi listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Rabu (2/5). Dengan kekuatan 1x125 megawat, PLTU ini akan menerangi Kota Makassar secara khusus dan sekitarnya serta menyediakan kebutuhan energi di Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) secara umum.

CEO Bosowa Erwin Aksa, dalam siaran persnya, mengatakan adanya pasokan baru ini diperkirakan PT PLN akan menghemat anggaran sekitar Rp4 triliun. "Mesin-mesin diesel PLN akan berhenti meminum Bahan Bakar Minyak (BBM) ada penghematan sampai Rp4 triliun," katanya.

Erwin mengatakan, tak sekedar efisien, dampak adanya PLTU Jeneponto ini bagi industri di Sulsel akan sangat signifikan. "Industri di Sulawesi Selatan akan mendapat pasokan yang cukup. Dan ini berita bagus buat pertumbuhan industri di Sulsel," jelasnya.

PLTU Jeneponto merupakan proyek Bosowa di bawah kelolaan anak usahanya, PT Bosowa Energy. Di proyek ini Bosowa berinvestasi sebesar 220 juta dolar AS. Erwin mengatakan, pembangunan ini merupakan salah satu proyek tercepat di Indonesia untuk PLTU, karena mulai dibangun sejak November 2010 dan masa konstruksi hanya 19 bulan.

 

"Inilah mungkin proyek pembangkit listrik yang tercepat dibangun di Indonesia. Awalnya, proyek ini ditargetkan selesai dalam 30 bulan. Namun, ternyata bisa selesai lebih cepat," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement