Selasa 01 May 2012 12:08 WIB

'May Day', Presiden Tetap Berkantor di Istana

Rep: Esthi Maharani/ Red: Endah Hapsari
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Widodo S. Jusuf/Antara
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tak seperti tahun sebelumnya, pada peringatan hari buruh kali ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih berkantor di Istana Kepresidenan. Pada tahun lalu, Presiden SBY melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pabrik di sekitaran Jakarta. Akan tetapi, tahun ini hal tersebut belum dipastikan akan dilakuakan.

“Hari ini Presiden SBY melakukan aktivitas kenegaraannya di Kantor Presiden,” kata staf khusus presiden bidang komunikasi politik, Daniel Sparringa, Selasa (1/5). Menurutnya, ada sejumlah agenda yang dijadwalkan akan dibahas SBY sepanjang pagi dan sore hari.

Mengenai aksi buruh yang ramai dibeberapa kota tak terkecuali di depan Istana Merdeka, Daniel mengatakan Presiden selalu menyimak aspirasi semua kalangan, termasuk buruh. Menurutnya, ada mekanisme dan instrument yang dibangun di dalam sistem untuk bisa menyerap aspirasi masyarakat. “Tidak perlu menunggu demo untuk tahu itu,” katanya.

Ia juga menambahkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi saat ini sedang secara aktif menjalankan tugas dari Presiden untuk menindaklanjuti keputusan Presiden SBY terkait dengan pembangunan Rumah Sakit Buruh dan pengadaan 200 bus untuk buruh di sejumlah kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement