Senin 30 Apr 2012 22:20 WIB

Polisi Bakal Periksa Bus Buruh Tujuan Jakarta

Demo Hak Buruh
Foto: Antara
Demo Hak Buruh

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Jajaran Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan memeriksa bus-bus yang akan membawa sekitar 650 buruh dari Karawang ke Jakarta. Para buruh akan menyambangi Jakarta untuk memperingati Hari Buruh Internasional pada 1 Mei besok.

"Jajaran kepolisian yang berjaga di setiap gerbang tol Karawang akan memeriksa barang bawaan para buruh yang akan memperingati May Day (Hari Buruh Internasional) di Jakarta. Itu adalah bagian dari penyekatan yang akan dilakukan aparat kepolisian," kata Kabag Ops Polres Karawang, Kompol Robi Yanuar, di Karawang, Senin.

Robi mengatakan laporan terakhir menyebutkan sekitar 650 buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), dan Serikat Pekerja Nasional (SPN) Karawang akan berangkat ke Jakarta pada 1 Mei 2012. Mereka akan memperingati May Day.

Robi juga mengimbau agar para buruh menggunakan bus pariwisata. Mereka jangan menggunakan bus reguler. Jika menggunakan bus reguler, maka tujuan para buruh itu dipastikan tidak sesuai dengan rute atau jalur bus yang ditumpanginya.

"Jika bus yang mengangkut para buruh itu nantinya tidak sesuai dengan trayek atau jurusan bus yang ditumpangi, minimal akan ditilang petugas,'' kata Robi. ''Selain itu, pihaknya juga bisa menurunkan para buruh untuk selanjutnya mengganti kendaraan bus yang sesuai dengan rute."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement