Senin 30 Apr 2012 18:22 WIB

Besok, 30 Ribu Buruh Bekasi Banjiri Jakarta

Rep: rosmha widiyani/ Red: Heri Ruslan
Demo buruh tuntut kenaikan UMP (ilustrasi).
Foto: Demo buruh tuntut kenaikan UMP (ilustrasi).
Demo buruh tuntut kenaikan UMP (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI SELATAN-- Sekitar 30 ribu pekerja dipastikan membanjiri ibu kota Jakarta, Selasa (1/5) besok. Mereka akan berunjuk rasa memperingati hari buruh sedunia, atau dikenal sebagai May Day.

"Semua berangkat dari setiap kawasan industri. Bisa dari Ejip, MM 2100, Deltamas, atau Jababeka," kata ketua Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Obon Tabroni.

Hal ini dipastikan pada rapat terakhir yang digelar FSPMI pada Selasa (30/4). Mereka akan berangkat pukul delapan pagi ke bundaran hotel Indonesia. Selanjutnya mereka melakukan long march ke Istana Negara. Pada pukul satu siang, mereka akan berkumpul di Gelora Bung Karno (GBK). Di komplek stadion olahraga tersebut, mereka akan mengadakan rapat akbar.

Selain itu mereka akan membacakan tuntutan para buruh. Tiga tuntutan tersebut terdiri atas pengupahan yang layak, pelaksanaan jaminan sosial, dan penghapusan sistem outsorcing. Di bunderan Hotel Indonesia dan istana negara mereka juga akan berorasi.

Aksi ini semata untuk memperingati hari buruh. Obon berharap tidak terjadi keributan, atau provokasi. "Semoga bisa berlangsung tenang, aman, dan damai sampai acara usai," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement