Jumat 27 Apr 2012 22:55 WIB

Kecamatan Perbatasan Malaysia Bakal Nikmati Listrik

Salah satu kawasan perbatasan Indonesia dan Malaysia di pulau Kalimantan.
Foto: kaskus.us
Salah satu kawasan perbatasan Indonesia dan Malaysia di pulau Kalimantan.

REPUBLIKA.CO.ID, NUNUKAN - Sebanyak tiga kecamatan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, bakal menikmati penerangan listrik pada 2012. Ketiga kecamatan ini berada di kawasan perbatasan RI-Malaysia.

"Segera dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di wilayah terisolasi dan sulit dijangkau dengan jaringan PLN," kata Kepala Seksi Perizinan dan Pelayanan Ketenagalistrikan Dinas Pertambangan dan ESDM Kabupaten Nunukan, Daniel ST, di Nunukan, Jumat.

Fasilitas penerangan dari PLTS itu diperuntukkan bagi warga yang bertempat tinggal di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sembakung, Lumbis dan Sei Menggaris. Usulan anggaran pengadaan dan pemasangan listrik tenaga surya, menurutnya, sudah masuk dalam APBD II 2012. Nilainya mencapai Rp 7 miliar lebih.

Namun, lanjutnya, usulan tersebut belum disetujui dan dialihkan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau unit kerja lain yang memiliki program sama. "Anggaran tersebut memang diusulkan dari Dinas Pertambangan dan ESDM, tapi dialihkan ke unit kerja lain," ungkapnya.

Karena itu, Dinas Pertambangan dan ESDM menunggu pengesahan APBD Perubahan (APBD-P) 2012 untuk merealisasikan rencana awal pengadaan listrik terhadap ketiga kecamatan tersebut. "Kami tunggu APBD-P. Jadi, ini pasti direalisasikan sesuai kemampuan anggaran nanti," harapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement