Kamis 26 Apr 2012 04:16 WIB

Wah, Undang Artis Ibu Kota Dituding Pemborosan Anggaran

Penyanyi Dangdut Ayu Ting Ting
Foto: Rusdy Nurdiansyah/Republika
Penyanyi Dangdut Ayu Ting Ting

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG BALAI KARIMUN---Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, yang mengundang artis dari Jakarta dinilai memboroskan anggaran karena tidak memberikan dampak positif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

"Kehadiran artis ibu kota seperti Ayu Ting Ting pada akhir pekan ini dan D'Bagindas pada awal bulan depan atas undangan Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya tidak bermanfaat, tetapi justru memboroskan APBD," kata pemerhati sosial Trio Wiramon di Tanjung Balai Karimun.

Trio Wiramon mengatakan, kehadiran artis ibu kota hanya hiburan bagi masyarakat lokal dan belum mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara.

"Seharusnya pemerintah daerah melalui Disparsenibud hanya menjadi fasilitator dalam mendatangkan artis ibu kota, bukan menjadi aktor dengan menghambur-hamburkan dana APBD," katanya.

Disparsenibud, lanjut dia, seyogianya melibatkan pihak ketiga seperti "event organiser" dalam mengadakan sebuah acara hiburan rakyat.

"Masih banyak kegiatan kepariwisataan yang seharusnya menjadi prioritas seperti pengembangan objek wisata air panas Tanjung Hutan, atau objek wisata alam lain seperti Pantai Pelawan, Pantai Pongkar serta menggencarkan promosi agar tingkat kunjungan wisatawan mancanegara makin meningkat, dibandingkan sekadar mendatangkan artis ibu kota," tuturnya.

Dia juga menyayangkan keputusan DPRD Karimun yang meloloskan anggaran melalui APBD untuk kegiatan artis ibu kota (Jakarta).

"Program kepariwisataan di Karimun harus dikaji ulang karena tidak memberikan kontribusi berupa pendapatan asli daerah maupun peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Di Karimun masih ada sekitar 11 ribu kepala keluarga yang masih miskin," ucapnya.

Sebelumnya, Disparsenibud mengundang Ayu Ting Ting, Mega KDI dan Irfan KDI untuk manggung di Panggung Rakyat Puteri Kemuning Tanjung Balai Karimun pada Jumat-Sabtu (27-28/4). Total biaya yang dihabiskan untuk mengundang Ayu Tinggi maupun dua artis KDI itu mencapai Rp 100 juta.

Disparsenibud juga mengundang grup band D'Bagindas untuk tampil di panggung yang sama dengan menghabiskan anggaran Rp 350 juta pada 5 Mei 2012. "Tujuan kami mengundang Ayu Ting Ting, D'Bagindas maupun artis lain adalah untuk mendorong kreativitas generasi muda di bidang seni musik. Selain itu juga untuk memeriahkan peringatan Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional," kata Kepala Disparsenibud Karimun, Syuryaminsyah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement